Property

Jenis Lantai Rumah Yang Sering Digunakan

Jenis Lantai Rumah Yang Sering Digunakan

Dalam sebuah rumah, lantai merupakan satu komponen sebagai berpijaknya kaki kita dalam keseharian. Jenis lantai yang digunakan pun juga ada kelebihan dan kekurangannya masih. Ada yang licin, ada pula yang kesat.

Beragam jenis lantai saat ini banyak dijual di toko bangunan dengan corak dan tekstur yang berbeda. Tentunya harga juga berbeda. Untuk bisa membangun sebuah rumah impian, maka kamu harus mengetahui beberapa jenis diantaranya agar tepat memasang lantai pada setiap ruang tertentu.

Nah, berikut ini beberapa jenis lantai yang biasa digunakan pada rumah.

  • Lantai Keramik

Keramik adalah jenis lantai yang paling banyak digunakan pada perumahan. Sehingga banyak motif yang diciptakan yang dapat dipilih sesuai selera kamu. Keramik cocok dipasang sebagai alas untuk kamar mandi. Hal ini karena jenis lantai ini tidak terlalu banyak menyerap air, sehingga tidak licin. Akan lebih baik jika kamu memilih keramik yang memiliki tekstur yang sedikit kasar. Namun, penggunaan lantai keramik tidak cocok dipasang pada kamar tidur. Keramik cenderung akan mengalami kerusakan seperti pecah ketika berada pada kondisi suhu yang berubah secara mendadak.

  • Lantai Marmer

Marmer merupakan jenis lantai yang memiliki harga cukup mahal. Hal ini karena marmer merupakan salah satu jenis batuan alam yang memiliki tekstur kuat dan tahan api. Selain untuk diaplikasikan pada lantai, marmer sendiri cocok untuk diaplikasikan pada dinding atau tempat-tempat lainnya. Namun, jangan gunakan lantai marmer untuk bagian luar rumah karena jenis lantai ini mudah tumbuh jamur dan warnanya bisa pudar.

  • Lantai Karpet

Lantai karpet mungkin jarang kita temui di rumah-rumah. Biasanya ini dipasang pada suatu bangunan atau kantor. Namun, hal ini tidak membatasi agar rumah pribadi bisa menggunakan ini. Lantai karpet biasanya akan digunakan secara menyeluruh pada suatu ruangan. Ada beberapa jenis karpet, yaitu ada yg lembut seperti bulu maupun tidak. Kelebihannya yaitu karpet ini bersifat kesat, sehingga ketika berjalan kita tidak akan tergelincir. Namun, mungkin ini tidak cocok bagi anak-anak untuk berlama-lama di ruangan dengan lantai berkarpet. Karena dalam karpet pasti terdapat banyak debu dan kuman yang bisa membuat anak mudah terjangkit sakit. Sehingga, salah satu solusinya yaitu membersihkannya secara rutin.