Others

Tips Memilih Best Website Design Untuk Blog

Di era digital ini, kita tidak asing lagi dengan istilah blog dan blogging. Blog adalah aplikasi berbasis web yang berbentuk tulisan pada sebuah halaman web. Sementara itu, blogging adalah aktivitas mengelola sebuah halaman web dengan membuat tulisan atau posting blog dalam bentuk teks dan gambar.

Macam-Macam Blog

Di Indonesia, terdapat beberapa domain blog atau website yang umum digunakan oleh masyarakat. Seperti blogspot, wordpress, tumblr, wix.com, dan website domain seperti .com, .co.id, .net, dan lain sebagainya. Pemilihan domain website dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Aktivitas blogging di antara satu orang dengan orang lainnya pun bisa saja berbeda. Ada yang menganggap blogging sebagai hobi, ada yang memanfaatkan blogging sebagai sarana untuk mendapatkan uang. Ada juga yang melakukan blogging untuk menyebarkan informasi tertentu.

Best Website Design Untuk Blog

Perbedaan tujuan dalam blogging tentu membutuhkan best website design yang berbeda pula. Ada blog yang mengkhususkan konten tulisan, fotografi, review film, make up, dan lain sebagainya. Nah, masing-masing blog tersebut membutuhkan sentuhan best website design maupun tema yang berbeda.

Tips Memilih Best Website Design

  1. Tentukan Karakteristik Blog

Pertama-tama, tentukan karakteristik blog yang Anda miliki. Misalnya, blog yang fokus pada konten tulisan cenderung cocok dengan best website design bertema klasik. Yaitu, terdiri dari 1 kolom utama (untuk tulisan) dan sidebar di sebelah kanan/kiri (untuk meletakkan widgets).

Di sisi lain, blog yang fokus pada fotografi cenderung cocok dengan best website design bertema grid. Tema grid cocok untuk fotografi karena nantinya, foto-foto tersebut akan tersusun dengan rapi dan lebih menarik untuk dilihat. Apabila blog fotografi menggunakan tema klasik, maka akan terlihat tidak menarik dan membosankan.

  1. Pilih Sentuhan Warna Yang Selaras

Seperti yang kita tahu, best website design yang baik adalah desain yang perpaduan warnanya cantik dan selaras. Misalnya kita menentukan warna dominan biru, maka warna pendukung lain yang cocok adalah biru muda, biru tua, dan putih. Apabila warna dominan biru namun dipadukan dengan warna merah dan cokelat, tentu tidak terlihat selaras.

  1. Atur Row dan Sidebar (Kolom)

Sidebar adalah salah satu komponen terpenting pada blog. Sidebar biasa diisi dengan profil dan kontak penulis, daftar konten, hingga jumlah pengunjung blog. Agar tampilan blog menjadi cantik, Anda dapat mengubah letak dan ukuran row serta sidebar melalui setelan pada domain blog. Isi sidebar dengan hal-hal yang dapat menarik minat pengunjung blog.

  1. Download Template Best Website Design

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah template blog yang akan digunakan. Di mesin pencari seperti google, terdapat banyak sekali template blog yang dapat diunduh secara gratis. Warna dan tema yang ditawarkan pun sangat beragam.

Jangan khawatir, menggunakan template yang diunduh secara bebas tidak akan membatasi seni kreativitas. Anda dapat memodifikasi template tersebut, misalnya mengubah font dan ukuran sidebar. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh best website design terbaik untuk blog pribadi Anda.