Others

Meningkatkan Penjualan Dengan Memanfaatkan Sosial Media

Sosial Media

Sosial media menjadi sarana yang sangat powerfull tak hanya bagi usaha kecil yang mulai merintis bisnis, tetapi juga perusahaan besar. Sosial media banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan reputasi brand, membangun pelanggan yang loyal dan bahkan meningkatkan penjualan produk.

Anda bisa memulai mempromosikan produk yang anda jual melalui akun sosial media yang dimiliki, atau bekerja sama dengan orang-orang terkenal untuk mempromosikan produk anda di akun mereka. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipelajari saat menggunakan sosial media untuk meningkatkan penjualan.

Mengetahui Pelanggan Potensial

Langkah pertama untuk membuat sebuah promosi yang sukses, adalah dengan mengetahui siapa-siapa target audiens yang anda bidik. Jika memungkinkan temui mereka secara langsung. Anda harus tahu aplikasi sosial media mana yang paling sering mereka gunakan, dan disitulah anda harus mulai menjalankan promosi anda.

Audiens dengan usia di atas 35 tahun, rata-rata bukan pengguna Instagram ataupun Snapchat, mereka kebanyakan lebih familiar menggunakan Facebook. Namun jika target audiens anda berusia muda, maka Instagram dan juga Twitter adalah platform yang sangat direkomendasikan. 

Selain usia, ketertarikan atau interest juga menjadi salah satu faktor yang wajib anda kuasai. Hal ini bisa anda pelajari dengan cara memberikan konten-konten sesuai umur audiens, namun masih relevan dengan produk yang anda promosikan. 

Menggunakan Iklan Berbayar

Di tengah persaingan pasar yang sangat kompetitif saat ini, anda tidak bisa hanya sekedar memanfaatkan konten yang menarik saja. Namun agar bisa memenangkan kompetisi, anda harus mengeluarkan biaya untuk membuat iklan berbayar. 

Memang hampir semua sosial media memiliki fasilitas iklan berbayar yang bisa dimanfaatkan. Namun dari hasil perbandingan di antara semuanya, Facebook dan Instagram lebih direkomendasikan. Sebab, kedua platform ini didukung oleh fitur aplikasi iklan yang sudah cukup lengkap dan efektif, yang akan memudahkan anda dalam membuat materi promosi.

Akan tetapi jika memang anda sangat awam dengan fitur iklan berbayar ini, anda bisa memanfaatkan jasa iklan Instagram di link berikut : https://www.sribu.com/id/cat/jasa-iklan-instagram. Situs tersebut sudah berpengalaman dalam menjalankan berbagai proyek periklanan di Sosial Media, dan menawarkan biaya yang terjangkau.

Bekerja Sama Dengan Influencer

Seperti namanya, Influencer berarti orang-orang yang memiliki pengaruh di Sosial Media. Bisa artis, publik figur atau orang-orang yang memiliki follower banyak karena konten mereka yang menarik. Memanfaatkan influencer dinilai lebih efektif untuk mendongkrak penjualan, karena konten yang dipromosikan lebih bisa diterima oleh audiens. Sebab, mayoritas orang lebih percaya dengan apa yang diomongkan orang langsung, daripada dari sebuah gambar atau video. 

Perlu diingat, biasanya biaya yang dikeluarkan untuk bekerja sama dengan influencer bisa lebih mahal daripada iklan berbayar. Tergantung dari jumlah followers yang dimiliki influencer tersebut. Anda juga anda harus bisa memastikan jika followers influencer itu sudah sesuai dengan audiens yang anda targetkan.